Pantai Klayar Pacitan

Ingin menikmati keindahan pantai yang belum terlalu ramai dikunjungi? Pantai Klayar Pacitan bisa menjadi pilihanmu! Pantai ini memiliki pesona alam yang tak kalah menarik dengan pantai-pantai lain di Jawa Timur.

Pantai Klayar Pacitan terletak di Desa Kalak, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Meskipun akses menuju pantai ini cukup sulit, namun keindahan yang tersaji di sana pasti akan memuaskan pengunjung yang datang.

Keindahan Pantai Klayar Pacitan

Sesampainya di Pantai Klayar Pacitan, pengunjung akan disuguhkan dengan panorama pantai yang indah. Pasir putih yang halus dan ombak yang tenang menjadikan pantai ini sangat cocok untuk bersantai.

Namun, keindahan Pantai Klayar tidak hanya terletak pada pasir dan ombaknya. Ada beberapa formasi batuan karst yang berdiri kokoh di sepanjang pantai. Salah satu yang paling terkenal adalah batu karang berbentuk lengkungan yang terkenal dengan sebutan "Tebing Breksi Klayar".

Tak hanya itu, di sebelah tebing juga terdapat air terjun yang cukup besar, yang dikenal dengan sebutan "Air Terjun Klayar". Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 15 meter dan airnya yang jernih membuat pengunjung merasa segar saat mandi di bawahnya.

Aktivitas di Pantai Klayar Pacitan

Selain menikmati keindahan alamnya, Pantai Klayar Pacitan juga menawarkan beberapa aktivitas yang bisa dilakukan oleh pengunjung. Salah satunya adalah bermain air di air terjun atau di pantai. Selain itu, pengunjung juga bisa melakukan snorkeling untuk melihat keindahan bawah laut di sekitar pantai.

Bagi pengunjung yang ingin berkeliling pantai, bisa menyewa perahu tradisional yang disebut dengan "Gethek". Perahu ini biasanya digunakan oleh nelayan setempat untuk mencari ikan di laut. Dengan menaiki perahu ini, pengunjung bisa melihat pemandangan sekitar pantai dari sudut yang berbeda.

Akses Menuju Pantai Klayar Pacitan

Meskipun lokasinya terpencil, akses menuju Pantai Klayar Pacitan sebenarnya cukup mudah. Dari Kota Surabaya, pengunjung bisa menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum menuju ke Terminal Arjosari. Dari sana, pengunjung bisa naik bus atau travel ke arah Pacitan dengan waktu tempuh sekitar 5-6 jam. 

Setelah sampai di Pacitan, pengunjung bisa melanjutkan perjalanan menuju Pantai Klayar dengan menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa ojek.

Namun, perjalanan menuju Pantai Klayar bisa terasa sedikit sulit karena jalan yang dilalui cukup menantang. Jalanannya yang berkelok-kelok dan cukup terjal membuat pengunjung harus ekstra hati-hati. Namun, pemandangan yang disajikan selama perjalanan sudah pasti akan membuat pengunjung takjub.

Penutup

Pantai Klayar Pacitan bisa menjadi destinasi liburan yang tepat bagi pengunjung yang ingin menikmati keindahan pantai yang belum terlalu ramai dikunjungi. Keindahan alamnya yang menakjubkan serta berbagai aktivitas yang bisa dilakukan membuat pengunjung tak akan merasa bosan. Meskipun akses menuju Pantai Klayar cukup sulit, pemandangan yang disajikan sepanjang perjalanan sudah pasti akan membuat pengunjung terkesan. Jadi, tunggu apa lagi? Jangan lewatkan keindahan Pantai Klayar Pacitan saat berkunjung ke Jawa Timur!

Dapatkan artikel tentang destinasi wisata menarik di indonesia di website Explore Nusantara atau https://explorenusantaraku.com